Friday, September 30, 2011

Mengenal Seni Rupa Lewat Galleri

Friday on September 30, 2011

Sepulang dari menjemput Alizarin dari kegiatan setiap Jum'at di komunitas HSKS, Medan. Kami (aku dan suami) tidak langsung mengajaknya pulang. Kami bersama pergi ke sebuah galleri "Crispo Antiques". Disana dia belajar langsung mengidentifikasi beragam karya seni dari berbagai bentuk rupa dari kebudayaan bangsa Indonesia hingga seni mancanegara.

Lewat penampilannya yang sangat acuh dan terkesan tidak peduli, aku menyimpan kekaguman yang tidak aku tunjukkkan padanya. Sungguh dia dapat mengidentifikasi dan juga mampu menjawab pertanyaanku mengenai benda-benda seni yang begitu banyak terdapat di sana. Melihat dua buah  patung Singa, dia dapat membedakan patung tersebut buah karya pematung Bali dan China, dia juga dapat membedakan lukisan patung Budha karya pelukis Thailand dan Bali juga benda-benda seni lainnya seperti cramics karya Eropa dan China.

Tentu ini adalah sebuah cara belajar yang unik dan tidak membosankan bahkan aku tidak perlu berteriak mengajaknya belajar dengan memegang buku dan memberi teori-teori, karena Alizarin sendiri begitu antusias dan bersemangat mengamati setiap benda seni yang terdapat disana. Aku hanya  melihat apresiasinya yang tumbuh terhadap seni dan menghargainya lewat membeli setelah tawar menawar yang dilakukannya sendiri.

Pelajaran terpenting hari ini adalah kami melakukannya bersama-sama. Mengenalkannya pada jati diri bangsa dan keragaman budaya yang bersatu di sebuah tempat yang disebut galleri atau musium bagi pemikat dan penikmat seni atau pecinta seni (Art Lover).

1 comment:

  1. Alvi Gªƙ diajak mi?? Alvi kan pecinta seni jg..seni tari,‎​ˆ⌣ˆ

    ReplyDelete